LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
|||||
Nama : Ririn Setianingsih
Kelas : XII AP 2
No : 26
SMK NEGERI 1 KEBUMEN
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat
serta Hidayah-Nya sehingga dapat terselesaikannya Laporan Praktek Kerja
Lapangan pada DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA Tahun Pelajaran
2014/2015 .
Penyusun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak
atas bantuan dan bimbingannya dalam menyelesaikan kegiatan Pendidikan
Sistem Ganda, terutama kepada yang terhormat :
1.Bapak
Drs. H.Nugroho Tri Waluyo selaku Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi Dan
Informatika yang telah memberikan izin dan tempat dalam pelaksanakan Prakerin;
2. Bapak Drs. Muhammad Dahsyad selaku Kepala SMK Negeri 1 Kebumen.
3. Bapak Drs. Hartoyo selaku
Kepala Prodikel Administrasi Perkantoran;
4. Ibu M.Elisabeth Da Costa selaku
pembimbing DU/DI yang telah memberikan bimbingan dengan baik selama Prakerin.
5.
Ibu Harini Mintarsih, S.Pd selaku pembimbing dari sekolah;
Laporan ini merupakan wujud tanggung jawab penyusun secara
tertulis atas pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan .
Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari
kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat
penyusun harapkan. Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat kepada
semua pihak yang membacanya.
Kebumen,
01 Oktober 2014
Penyusun,
Ririn Setianingsih
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR........................................................................................
DAFTAR ISI.......................................................................................................
BAB
I PENDAHULUAN.............................................................................
A.
Latar
Belakang..........................................................................
B.
Tujuan........................................................................................
1.
Tujuan
Umum....................................................................
2.
Tujuan Khusus...................................................................
BAB
II PELAKSANAAN PRAKTIK........................................................
A.
Waktu Pelaksanaan...................................................................
B.
Tempat Praktik.........................................................................
C.
Pembimbingan...........................................................................
D.
Kegiatan....................................................................................
E. Kendala
Prakerin.......................................................................
F.
Permasalahan yang dihadapi......................................................
BAB
III PENUTUP..........................................................................................
A.
Kesimpulan................................................................................
B.
Saran –
saran.............................................................................
1.
Untuk
Sekolah....................................................................
2.
Untuk Instansi.....................................................................
LAMPIRAN
.......................................................................................................
.........................................
BAB
I
PENDAHULUAN
Dalam Bab ini secara berturut-turut
akan di bahas mengenai Latar Belakang, Dasar, Tujuan dan Pengertian praktik
kerja lapangan .
A.
Latar
Belakang
Didasari dalam rangka meningkatkan
wawasan pengalaman belajar dan penguasaan keterampilan serta mencetak lulusan
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ahli dan terampil, antara lain
diperlukan adanya upaya berbagai aktivitas belajar, baik di dalam maupun di
luar sekolah.
Salah satu upaya mewujudkan hal
tersebut, yaitu menyelenggarakan program Kegiatan Praktik Kerja Lapangan di dunia kerja terkait sesuai dengan program
keahlian yang telah ditetapkan oleh sekolah yang berguna sebagai kesempatan
pengenalan dan pelatihan langsung tentang Dunia Kerja.
Praktek Kerja Lapangan diadakan
dalam rangka untuk melatih siswa dalam Dunia Kerja sehingga siswa sudah siap
dalam menghadapi dan berada di dalamnya.
B.
Tujuan
Tujuan Praktik Kerja Siswa pada Dunia Kerja adalah sebagai
berikut :
1. Tujuan Umum :
a. Menghasilkan tenaga kerja yang
memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat
pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan ketentuan
kebutuhan dunia kerja.
b. Meningkatkan
efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas /
profesional.
c. Memberikan
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai dari proses
pendidikan.
d. Membekali siswa dengan pengalaman
kerja yang sesungguhnya dalam dunia kerja dan masyarakat.
e. Memantapkan kedisiplinan dan
tanggungjawab siswa dalam melaksanakan tugas serta Mendorong siswa untuk
berjiwa wirausahawan dan mau bekerja
2. Tujuan
Khusus
a. Menyiapkan
siswa untuk belajar bekerja secara mandiri maupun bekerja dalam suatu tim dan
mengembangkan potensi serta kreatifitas sesuai dengan minat dan bakatnya masing
– masing.
b. Meningkatkan
status dan kepribadian siswa sehingga mampu berinteraksi, berkomunikasi dan
memiliki rasa tanggung jawab serta disiplin yang tinggi.
c. Memberikan
kesempatan bagi para siswa yang berpotensi untuk menjadi tenaga kerja terampil
dan produktif berdasarkan pengakuan standar profesi.
BAB II
PELAKSANAAN PRAKTIK
Dalam bab
II ini akan diuraikan mengenai hasil-hasil dari pelaksanaan Praktik Kerja Siswa
SMK Negeri 1 Kebumen pada kantor Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika .
A.
Waktu Pelaksanaan
1.
Lama
Praktik
: 3 bulan
2.
Dimulai tanggal
: 1 Juli
2014
3.
Diakhiri tanggal
: 30 September 2014
B.
Tempat Praktik
1.
Nama
Instansi
: Dinas
Perhubungan Komunikasi Dan Informatika
2.
Alamat Lengkap
: Jalan Indrakila No. 36
3.
Nama Pimpinan
: Drs. H.Nugroho Tri Waluyo
C.
Pembimbingan
Pembimbing
berasal dari guru sekolah yang ditunjuk oleh sekolah dan berasal dari Instansi
tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Siwa serta bertanggungjawab untuk melaksanakan
pembimbingan Praktik Kerja Siswa.
1. Nama
Pembimbing
a. Dari Sekolah : Ibu Harini Mintarsih, S.Pd
b. Dari Instansi : Ibu M.Elisabeth Da Costa
2.
Tugas Pembimbing
a. Membimbing
siswa yang melaksanakan praktek kerja;
b. Mengarahkan
tugas yang harus dikerjakan;
c. Memantau siswa selama jam kerja
praktek;
d. Menilai hasil pekerjaan yang
dilakukan siswa praktek.
D. Kegiatan
Adapun kegiatan yang penyusun
lakukan selama melaksanakan praktik kerja di Dinas Perhubungan Komunikasi Dan
Informatika pada beberapa bagian, antara
lain sebagai berikut :
1. Melakukan kegiatan upacara apel
setiap pagi .
2. Bagian Keuangan :
a. Membuat surat keluar
b. Mencetak surat
c. Melegalisir surat
d. Menggandakan dokumen
e. Membuat dan mencetak SSP
3. Bagian Agendaris
a. Menangani surat masuk dan undangan masuk
![]() |
b. Menangani surat
keluar
- Membuat dan mencetak surat keluar
- Memberikan nomor dan kode surat
keluar sesuai tanggal dan jenis surat
- Memintakan tanda tangan Kadin atau
yang mewakili
- Melegalisir surat
- Melipat surat
- Mendistribusikan surat sesuai
alamat yang dituju, baik dalam instansi maupun luar instansi
c. Menerima Telepon Masuk
- Dalam Instansi :
Menerima => Disampaikan secara
langsung kepada pihak yang dituju
- Luar Instansi :
Menerima => Jika ingin berbicara
dengan Kabid lain maka transfer sesuai kode masing-masing
d. Menggandakan dokumen
4. Bagian Pendaftaran Kir
- Mengisi formulir permohonan pendaftaran uji kendaraan
bermotor
- Mengisi Surat Ketetapan Retribusi Daerah kendaraan
bermotor
- Membukukan kas bantu penerimaan
E. Kendala Prakerin
Berikut adalah kendala yang
Penyusun alami selama melaksanakan praktik kerja di Dinas Perhubungan
Komunikasi Dan Informatika, antara lain :
1.
Peralatan ATK kadang-kadang banyak yang terselip dibagian
lainkarna dipinjam, sehingga saat dibutuhkan kesulitan mencarinya.
2.
Pengadaan komputer kurang memadai antar masing-masing
bagian.
F.
Permasalahan
Yang Dihadapi
Dalam
hal ini, selama prakerin Penyusun mendapat masalah sebagai berikut :
1.Kesalahan dalam melegalisir
dokumen.
2.Dalam pengisian jenis Retribusi
Daerah sering terjadi kekeliruan dalam penghitungan jumlah denda
BAB III
PENUTUP
Dengan mengucapkan Alhamdulillah kehadirat Allah SWT. Atas
terselenggaranya Praktik Kerja Lapangan di Dinas Perhubungan Komunikasi Dan
Informatika, sehingga tersusun laporan ini. Sehingga dapat memenuhi
tugas pembelajaran Praktik Keahlian.
Semoga dengan adanya laporan ini dapat menambah wawasan
serta pengetahuan yang lebih berarti, dan tidak lupa Penyusun sampaikan terima
kasih kepada segenap pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan laporan ini.
A.
Kesimpulan
Selama melaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)
di Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kebumen ini, penyusun
juga mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman yang berharga. Penyusun jadi
mengerti, bahwa dalam dunia kerja yang sesungguhnya.
Setelah melaksanakan praktik kerja
di Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika begitu banyak pengalaman yang
diperoleh yang belum Penyusun dapatkan dari sekolah. Melalui Praktek Kerja
Lapangan yang dapat lebih membuka pikiran terhadap hal – hal baru dan informasi-
informasi luas, sehingga bisa menambah wawasan yang lebih luas.
Tujuan Praktek Kerja Lapangan itu sendiri
adalah untuk menciptakan siswa yang mempunyai etos kerja tinggi dan mempunyai
keterampilan serta kemampuan yang cukup untuk dapat terjun langsung ke
masyarakat.
Praktek Kerja Lapangan akan berjalan
baik bila semua unsur – unsur yang menjadi penopang saling melengkapi, seperti
guru, siswa, maupun karyawan. PKL sangatlah penting mengingat zaman sekarang
kebutuhan dunia kerja akan tenaga kerja yang terampil dan profesional sangat
dibutuhkan. Dan penyusun yakin pendidikan di Kabupaten Kebumen akan semakin
maju bila program ini benar – benar dilaksanakan dengan baik serta dengan
adanya usaha.
B.
Saran
- saran
1. Untuk Sekolah
a. Diharapkan sekolah dapat lebih
meningkatkan materi dan bimbingan kepada siswa, agar lebih siap dalam
melaksanakan praktik kerja.
b. Pihak sekolah hendaknya menempatkan
siswa praktik di tempat kerja yang sesuai dengan jurusan / keahliannya.
c. Diharapkan pembimbing praktik
dari sekolah lebih memperhatikan kedisiplinan anak bimbingnya yang melaksanakan
praktik kerja.
d. Pembimbing
diharapkan lebih sering memberikan arahan agar menambah keterampilan
siswa praktik.
2. Untuk Instansi
Pengarahan
yang diberikan oleh pembimbing hendaknya lebih jelas agar siswa lebih bisa mengerti
.

Online Baccarat - The Wizard of Odds
BalasHapusBetting. The gambling machine has everything you've ever wanted. 인카지노 Whether it's the casino game, roulette 바카라 or poker, it's been 카지노사이트 a long, hard